Mengenal Sistem Operasi Linux



Berbicara mengenai Sistem Operasi tentu yang terlintas dipikiran banyak orang adalah Windows atau Mac. Betul !. Memang tak bisa dipungkiri bahwa kedua sistem operasi  tersebut adalah yang paling populer di kalangan masyarakat. Selain itu kedua sistem operasi tersebut memang tidak diragukan lagi jika menilik dari lingkungan kerja desktop. Lalu bagaimana dengan sistem operasi Linux ? Mungkin bagi kalian yang pemula sistem operasi yang satu ini memang asing. Akan tetapi, bagi programmer atau yang mendalami dunia teknologi, entah itu jaringan maupun programming pasti akan mengenal sistem operasi ini. Sistem operasi ini memang membutuhkan skill yang cukup agar bisa menguasainya,  karena kita tidak disuguhkan dengan tampilan yang klik klik finish seperti saat menggunakan windows, akan tetapi kita harus menguasai berbagai perintah yang berbeda-beda untuk bisa menjalankan ataupun mendalami tentang Linux. 

Bagi kaum awam atau pemula memang dirasa cukup sulit, akan tetapi mari kita lihat kebanyakan orang yang suka teknologi atau ingin memperdalam dunia IT tentu tak asing mendengar dan menggunakan OS Linux. Bahkan mereka sudah bertahun-tahun betah dan nyaman untuk menggunakannya. Ada apakah didalam OS yang satu ini ?

Bagi programmer atau praktisi komputer Linux dikenal sebagai sistem operasi yang handal ketika kita ingin memperdalam dunia IT. Selain karena sistem operasi ini bersifat Open Source, kita akan dengan mudah memperoleh dengan gratis dari Internet. Perlu dicatat bahwa, dengan memperoleh secara gratis bukan berarti kita memperoleh software bajakan. Ini dikarenakan kode sumber sistem operasi yang bebas dikembangkan oleh semua orang yang mau dan paham untuk mengembangkannya. 

Sebelum lebih jauh kita mendalami kehandalan sistem operasi Linux yuk mari kita bedah dulu apa yang dimaksud dengan Linux itu sendiri.

Apa itu Linux ?

Hal pertama yang perlu dibicarakan dalam artikel ini adalah mengenai apa itu Linux. Linux sesungguhnya hanyalah sebuah kernel atau inti dari sebuah sistem operasi. Lalu kenapa disebut Linux ?

Linux hanyalah sebuah kernel yang diracik oleh Linus Torvalds  seorang mahasiswa asal Finlandia untuk melengkapi proyek yang dibuat oleh Richard Stallman yang saat itu hampir selesai dan masih kekurangan satu hal yaitu kernel. Untuk itulah Linus Torvalds meracik sebuah kernel yang bernama Linux dan pada akhirnya sistem operasi ini lebih dikenal GNU/Linux.

Sistem operasi inilah yang memungkin kita memperoleh kode-kode untuk mengembangkan kembali susuai dengan kebutuhan kita. Berkat adanya sumber kode terbuka maka berbagai distro linux hadir dari berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Ada berbagai macam distro Linux diluar sana yang dibuat secara khusus untuk desktop pribadi. Distro Linux ini mirip dengan windows dan Mac dan bahkan bisa menjalankan aplikasi yang sama persis dengan windows ata Mac. 

Apa Keunggulan Linux ?

Berbicara mengenai keunggulan Linux adalah hal yang menarik dan tentu menjadi alasan orang beralih ke Linux. Berbagai kehandalan atau keunggulan Linux adalah sebagai berikut :

1. Kebal terhadap Virus

salah satu yang menjadi alasan orang beralih ke Linux adalah, karena sistem operasi yang satu ini dikenal kebal terhadap Virus ini bukan berarti sistem operasi ini tidak bisa diserang Virus. Akan tetapi, dengan menggunakan Linux kita tidak perlu khawatir akan sistem operasi yang rentan terhadap Virus

2. Open Source

Ketika anda ingin memilih sistem operasi yang tepat dan handal namun gratis, Linux adalah jawabanya. Sistem operasi ini bersiat Open Source yang artinya kita bisa memperoleh secara gratis dari Internet tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

3. Lingkungan Development yang Bagus

Bagi kalian yang mungkin saat ini berprofesi sebagai programmer atau developer atau kalian yang igin jadi programmer untuk mengembankan berbagai software atau programm komputer, maka sistem operasi Linux adalah pilihan yang tepat untuk anda.

Selain berapa kelebihan yang saya jelaskan diatas sebenarnya masih ada berbagai keunggulan sistem operasi Linux diantarnya adalah ; dikenal sebagai sistem operasi yang ringan karena tidak memerlukan komputer dengan spek tinggi, dan lain sebagainya. 

Yuk bagi kalian yang masih banyak mengetahui tentang Linux, diskusikan di kolom komentar ya, Terima kasih.





Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post