Belajar Java-Percabangan

Baiklah kawan-kawan semua, pada materi kali ini kita akan belajar mengenai percabangan pada bahasa pemrograman Java. Percabangan ini merupakan salah satu program java yang sangat penting dan harus kita pelajari dalam membuat sebuah program atau aplikasi menggunakan bahasa Java. Dimana program ini merupakan fondasi mana kala kita akan membuat sebuah sistem pembayaran ataupun program-program lainnya. 

Yuk kita belajar percabangan pada bahasa Java.

Ketika kita menulis kode program komputer, yang perlu anda ketahui adalah, alur pengeksekusian program tersebut dikerjakan baris per baris atau satu per satu dari atas sampai bawah, kemudian komputer akan mengerjakan sesuai perintah kita. Namun setelah kita bayangkan bahwa sejauh ini kita telah menyuruh komputer untuk menjalankan perintah tanpa belokan atau percabangan bukan ?

Nah, kalo begitu apa itu percabangan ?

Percabangan hanyalah sebuah istilah untuk menyebutkan alur program yang bercabang. Program ini juga dikenal sebagai "Control Flow", "Struktur Kondisi", "Struktur IF" dan lain sebagainya, itu sama saja sebetulnya.

Seperti apa sih bentuk program percabangan pada java ?

baik, terlebih dahulu ada yang perlu kalian ketahui adalah cara penulisannya. Perulangan pada java dituliskan dengan kata kunci if,  else if, else, switch dan case.

Bagaimana sih contoh programnya ?

Yuk kita bahas contoh programnya.

1. Percabangan IF

Program ini akan berjalan ketika kondisi bernilai benar atau true, dan ketika kondisi bernilai salah atau false, maka program tidak akan melakukan apa-apa dan terus lanjut ke kondisi yang berikutnya.

Contoh Program

 

Outputnya adalah sebagai berikut :

   


 2. Percabangan IF ELSE

Pada percabangan ini program IF akan langsung dieksekusi apabila kondisi bernilai benar. Dan apabila kondisi bernilai salah maka terdapat pilihan alternatif lain yang akan dijalankan yaitu pada kondisi ELSE, bila masih belum benar juga, maka program tidak dieksekusi alias error. Yuk mari kita coba membuat program sederhananya.

Contoh Program

Mari kita membuat sebuah contoh program If untuk mendapatkan Diskon belanja.  Dimana dalam program ini, hanya pembeli dengan jumlah diatas 100 ribu saja yang layak mendapatkan diskon, dan ketika total belanja masih dibawah 100 ribu atau 100 ribu saja, maka tidak akan mendapatkan potongan harga atau diskon belanja.


Output ketika total belanja lebih dari 100 ribu dan mendapatkan diskon.


Dan dibawah ini merupakan output ketika total belanja dibawah 100 ribu dan tidak mendapatkan diskon.



3. Percabangan IF/ELSE/IF dan SWITCH/CASE

Jika pada percabangan IF/ELSE hanya terdapat dua kondisi, maka pada program yang satu ini akan menghadirkan banyak kondisi sekaligus, yang artinya setiap kondisi akan dieksekusi oleh program apabila bernilai benar, dan jika tidak akan diteruskan ke kondisi berikutnya. Yuk kita langsung saja mencobanya.

Contoh Program


Contoh salah satu Outputnya adalah sebagai berikut.


Okey sobat-sobat semua sampai disini dulu. Jika kalian tertarik membuat programnya silahkan dicoba ya. Jangan lupa doakan mimin agar terus giat menulis kode program lagi. Selamat belajar semoga  bermanfaat. Terimakasih.

2 Comments

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post