Tutorial Install GNS3 di Linux

Halo kawan-kawan semua, selamat datang di blog sederhana ini. Pada postingan kali ini saya akan membagikan tutorial yaitu Cara menginstall GNS3 di sistem operasi GNU/Linux. Akan tetapi, sebelum lanjut ke pembahasan, alangkah baiknya kalian pahami dulu apa itu GNS3.

Apa itu GNS3?

GNS3 (Graphical Network Simulator) adalah sebuah software simulasi jaringan komputer berbasis GUI yang digunakan untuk mensimulasikan perangkat jaringan. Dengan GNS3 kita dapat melakukan simulasi perangkat jaringan dengan cukup kompleks karena diperkaya dengan tools. Selain itu dengan GNS3 kita dapat kita dapat melakukan koneksi perangkat dengan real jaringan. 

Kenapa GNS3 disebut sebagai software simulasi yang Kompleks?

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa, GNS3 merupakan software simulasi jaringan yang kompleks karena terdapat berbagai komponen, diantaranya :

1. Qemu

Qemu (Quick Emulator) merupakan aplikasi emulator untuk menjalakan sistem operasi virtual di dalam komputer, fungsinya kurang lebih sama seperti Virtualbox ataupun VMWare, hanya saja Qemu lebih ringan. Di dalam GNS3, Qemu biasanya digunakan untuk menjalankan Network OS RouterOS Mikrotik, meskipun bisa juga dipakai untuk menjalakan OS Komputer seperti Linux atau Windows.

2. Dynamips

Dynamips adalah software emulator untuk menjalakan Cisco IOS, dengan Dynamips kita tidak perlu real device untuk menggunakan router cisco untuk keperluan lab. Ini merupakan  solusi murah bagi kalian yang ingin belajar Cisco akan tetapi tidak cukup uang untuk membeli perangkat asli.

3. Dynagen

Dynagen merupakan front-end dari Dynamips yang digunakan untuk menyederhanakan konfigurasi dari Dynamips.

4. VPCS

VPCS (Virtual PC Simulator) adalah perangkat akhir (End Device) yang ada di GNS3. VPCS ini bertindak seolah-olah seperti komputer PC yang ada di real network (Jaringan Nyata), sehingga kita bisa melakukan testing apakah jaringan kita sudah terkoneksi dengan benar. 

Langkah-langkah Install GNS3 via PPA

Berikut merupakan langkah-langkah untuk menginstall GNS3 di Linux mint:

Silahkan salin dan jalankan perintah dibawah ini di terminal Linux kalian.

$ sudo add-apt-repository ppa:gns3/ppa
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install gns3-server gns3-gui 

Setelah itu biasanya muncul setup wizard untuk tahap selanjutnya. Silahkan ikuti langkah-langkahnya hingga selesai.

Sekian saja postingan kali ini, semoga bermanfaat. 

 

>>Referensi : www.tutorialjaringan.com/


Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post