Solusi XAMPP : Another web server is already running



 

Halo kawan-kawan semua, dalam postingan kali ini saya membagikan pengalaman saya yaitu mengenai XAMPP atau lebih tepatnya web server Apache2 yang tidak bisa jalan alias running dikarenakan memiliki web server lain yang berjalan diatas komputer saya. 

Ketika saya menjalankan XAMPP di Linux dengan perintah :

sudo /opt/lampp/lampp start

maka, yang terjadi adalalah apache atau web servernya tidak berjalan, karena bentrok dengan web server lain yang bejalan diatas komputer yang sama juga, padahal saya tidak menginstall lebih dari satu web server. Lihat gambar dibawah ini.


Apakah kalian juga mengalami hal yang sama? Jika iya, yuk mari kita mencari solusinya. Silahkan salin perintah dibawah ini dan jalankan di terminal linux kalian. 

1. Silahkan salin dan jalankan perintah :

sudo netstat -nap | grep :80

Jika sudah, terminal linux kalian akan menampilkan seperti dibawah ini.


yang perlu diperhatikan adalah empat digit angka terakhir yang muncul sebelum apache2 . Setiap komputer pasti akan menampilkan angka yang berbeda-beda, silahkan disesuaikan saja. Saya menampilkan angka 1050.


Angka itulah yang membuat web browser kita tidak dapat berjalan. Silahkan dimatikan dengan menjalankan perintah berikut :

sudo kill [number]

Silahkan ganti [number] dengan 3-4 digit angka yang tampil di terminal linux kalian. Sebagai contoh saya mengganti [number] dengan angak 1050. Kalian mungkin saja berbeda. 

Maka perintah yang saya tuliskan adalah :

sudo kill 1050

Jika sudah, silahkan jalankan kembali XAMPP kalian dengan perintah :

sudo /opt/lampp/lampp start


Jika tampil seperti diatas, maka kita sudah berhasil menjalankan kembali web browser pada komputer kita. 

Terimakasih, semoga bermanfaat.


Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post