Cara Setting JDK di Linux Agar Tidak Bentrok

 


Halo kawan-kawan semua, di artikel kali ini saya membagikan tips yaitu Cara Setting JDK di Linux agar tidak bentrok. Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya ketika ingin mengatur JDK mana yang harus saya gunakan di komputer saya, sedangkan di dalam komputer saya terinstall dua versi JDK yaitu ; 

JDK 11 yang merupakan versi bawaan dari Linux Mint dan, JDK 8 yang install sendiri secara manual. 

Untuk kalian yang ingin melihat tutorial cara menginstall JDK 8 sekaligus dengan Netbeans IDE 8.2 di Linux silahkan tonton videonya di sini.

Baiklah kawan-kawan kita langsung saja ke topik pembahasan kita kali ini. 

Bagaimana Cara Setting JDK di Linux Agar Tidak Bentrok ?

Di Linux sudah tersedia barisan perintah yang digunakan untuk memilih versi JDK yang akan kita gunakan di Komputer kita. Silahkan salin dan jalankan perintah berikut ini di terminal linux kalian.

sudo update-alternatives --config java

Berikut adalah tampilan di Laptop saya


Terlihat bahwa JDK yang terinstall di laptop saya yaitu JDK 11 dan JDK 8, dimana JDK 11 merupakan JDK yang sedang dipakai saat ini, atau JDK default dari OS Linux Mint saya. Nah, bagaimana saya ingin berpindah ke JDK 8 ? 

Untuk beralih ke JDK 8 cukup ketikan angka 2, yang merupakan nomor urut JDK pada komputer saya. 

setelah itu cek versi java yang kita gunakan sekarang dengan perintah :

java -version

Maka JDK sudah beralih ke versi 8. Berikut adalah tampilan di laptop saya.


Demikian dulu artikel kali ini, selamat mencoba semoga bermanfaat. 

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post