Bagaimana mengupdate Composer di Linux ? Berikut ini langkah mudahnya.

 


Update versi Composer di Linux

Tutorial ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya ketika ingin mengupdate versi Composer yang terinstal di sistem operasi Linux saya. By the way, untuk OS yang saya pakai merupakan distro linux turunan ubuntu ya. Jadi jika kalian menggunakan OS Linux turunan ubuntu lainnya seperi, Mint OS, Xubuntu, Lubuntu dan lain sebagainya, tidak masalah, kalian sudah menemukan dokumentasi yang tepat. 

Kenapa Composer harus di update ?

Yaps, masalah ini saya temukan ketika ingin menginstall sebuah laravel project, dan ketika itu saya menemukan masalah bahwa perintah php artisan tidak berjalan dikarenakan saya belum mengupdate versi composer di komputer saya. Apakah kalian menemukan masalah yang sama ?

Baiklah kita langsung saja ke tutorialnya.

Langkah-langkah mengupdate versi Composer di OS Linux

1. Cek versi composer yang terinstall di OS Linux kalian.

  Untuk mengeceknya, kalian bisa menggunakan perintah berikut ini :

composer --version

2. Update versi composer kalian

  Saat ini saya ingin mengupdate composer versi 1 ke versi 2. Karena saat saya menulis artikel ini, versi terbaru dari composer adalah versi 2. Kalian bisa mengecek versi terbarunya di halaman resmi composer.

    
Silahkan remove versi jadul composer anda dengan perintah berikut :

sudo apt remove composer
Selanjutnya, kalian mendownload versi terbaru dengan perintah berikut :

curl -sS https://getcomposer.org/installer -o composer-setup.php
kemudian install composer secara global di komputer kalian.

sudo php composer-setup.php --install-dir=/usr/local/bin --filename=composer

Terakhir adalah cek versi composer kalian dengan perintah composer --version . dan seharusnya versi composer kalian sudah terbaru. 

Demikian tutorial kali ini, semoga bermanfaat. Selamat belajar, semoga sukses.

1 Comments

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post