Cara Mudah Menginstall SNAPD di Linux Mint


Gambar Halaman situs resmi snapcraft.io

Halo Bloggers, pada postingan kali ini saya memberikan tutorial singkat namun cukup bermanfaat buat kalian pengguna sistem operasi berbasis Linux, yaitu Cara Mudah Menginstall SNAPD di Linux Mint. Tutorial ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya saat gagal menggunakan snap untuk mendownload dan menginstall aplikasi. Kita tahu, snap store memiliki banyak sekali aplikasi yang menunjang berbagai kebutuhan kita. Nah untuk itulah saya membuat artikel kali ini.

Lihat gambar  dibawah ini.

Gambar Error saat mencoba install snap



Mengapa snap tidak bisa digunakan di Distro Linux Mint ?


Setelah saya cari tahu tentang pertanyaan ini, maka saya menemukan bahwa di Linux Minta ada sebuah file dengan nama nosnap.pref yang terletak di /etc/apt/preferences.d. Saya tidak tahu apa alasan developer Linux Mint membuat hal ini. Tapi ya terserahlah yang penting kita masih bisa menggunakan snap dengan cara kita sendiri, hehehe.

Bagaimana cara install snap di Distro Linux Mint ?


Untuk mulai menggunakan snap di Linux Mint caranya cukup mudah yaitu hanya dengan memindahkan file yang bernama nosnap.pref ke folder manapun, misalnya folder home/Documents, lalu mengganti namanya menjadi nosnap.backup. Jika kalian menggunakan CLI maka, salin perintah dibawah ini :

sudo mv /etc/apt/preferences.d/nosnap.pref ~/Documents/nosnap.backup
atau jika kalian ingin menggunakan GUI silahkan atur dulu hak akses root folder /etc/apt/preferences.d . untuk mengatur hak akses silahkan salin perintah dibawah ini :

sudo chmod 777 -R /etc/apt/preferences.d
Jika file nosnap.pref sudah dibackup, maka lakukan update repository dan mulai menginstall snap di Linux Mint kalian. Silahkan salin perintah dibawah ini :

sudo apt update
sudo apt install snapd
Gambar saat berhasil menginstall snap



Silahkan cek versi snap anda dengan perintah :

snap --version
Contoh hasilnya seperti dibawah ini.

Gambar cek versi snap

Okay beres !. Saatnya kita akan mencoba menginstall aplikasi dari snap store, misalnya Firefox, hehehe 😀

Gambar sukses install firefox


Demikian tutorial singkat kali ini, selamat belajar, semoga sukses. Terima kasih. 😇

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post