Tutorial Install Cyberpanel di Ubuntu Server 20.04

 


 

Cyberpanel merupakan salah satu web panel terbaik untuk manajemen VPS. Pada tutorial kali ini saya akan membagikan langkah-langkah untuk menginstall Cyberpanel pada VPS.

1. Requirements

Sebelum memulai penginstallan pastikan VPS anda sudah memenuhi beberapa persyaratan berikut ini :

a. OS Ubuntu server 20.04 LTS

b. Python versi 3.x

c. 1024MB RAM atau lebih

d. 10GB disk space

2. Install Cyberpanel

Untuk menginstall Cyberpanel sangat mudah, pertama pastikan anda masuk kedalam server anda sebagai root menggunakan SSH.

Selanjutnya, update packages OS server anda dengan menjalankan perintah berikut ke terminal 

 sudo apt update && sudo apt upgrade -y

Setelah selesai mengupdate packages, jalankan perintah berikut untuk menginstall Cyberpanel

sudo su - -c "sh <(curl https://cyberpanel.net/install.sh || wget -O - https://cyberpanel.net/install.sh)"

Saat menjalankan proses installasi, anda akan diminta untuk memilih opsi penginstallan. Ketik angka 1 untuk memilih Install Cyberpanel


 

langkah berikutnya adalah anda memilih versi Litespeed web server yang akan anda gunakan, apakah anda memilih Openlitespeed atau Litespeed enterprise.

 

Pada tahapan berikutnya anda akan diminta untuk memilih beberapa opsi penginstall seperti penginstallan packages, Remote MySQL, memilih password dan menginstall redis

Setelah beberapa tahapan diatas selesai, maka proses penginstall Cyberpanel pada server anda selesai, dan akan meminta untuk mereboot server anda.


    Langkah berikutnya adalah login ke Cyberpanel dengan mengakses url https://[IP Address Server Anda]:8090, lalu masuk menggunakan username dan password yang telah anda masukan pada tahap penginstallan. 

Note : Jika anda memilih password default pada saat proses penginstallan, maka untuk masuk kedalam Cyberpanel dengan username admin dan password 1234567


Demikianlah langkah-langkah penginstallan Cyberpanel pada server ubuntu 20.04. Semoga bermanfaat.



Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post