Cara Mengaktifkan mod_rewrite pada Apache2 di Ubuntu/Linux Mint

 

    

Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan cara mengaktifkan mod_rewrite pada web server apache2 ubuntu ataupun linuxmint. Tutorial ini saya buat karena berdasarkan pengalaman saya ketika ingin menghapus file index.php pada Codigniter 3 dan saya agak kewalahan mengatasi masalah tersebut sampai pada akhirnya saya menemukan solusi di internet dan saat ini juga saya ingin membagikannya kepada kalian semua.

Baiklah berikut adalah langkah-langkah mengaktifkan mod_rewrite pada web server apache2 Ubuntu/Linux Mint.

Langkah 1

Silahkan salin perintah berikut ini untuk mengaktifkan mod_rewrite.

 sudo a2enmod rewrite

Langkah 2

Silahkan restart apache2 dengan perintah dibawah ini.

sudo systemctl restart apache2

Langkah 3

Sebelum kita mulai menggunakan .htaccess pada server kita, kita harus melakukan settingan pada VirtualHost kita. Silahkan salin perintah berikut ini.

sudo nano /etc/apache2/sites-available/000-default.conf

Jika sudah masuk kedalam 000-default.conf, silahkan salin settingan berikut ini ke dalam VirtualHost *:80 kita

<VirtualHost *:80>

    <Directory /var/www/html>

        Options Indexes FollowSymLinks

        AllowOverride All

        Require all granted

    </Directory>

</VirtualHost>

Langkah 4

Silahkan save dan tutup file  config kita lalu restart pada apache2.

sudo systemctl restart apache2

Langkah 5

Selanjutnya anda sudah bisa membuat file .htaccess pada root folder kita atau pada project codigniter kita. 

Terima kasih.    

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post