Langkah-langkah Menginstall OpenLiteSpeed di Ubuntu Linux Server

 


Halo guys, apa yang ada dibenak kalian ketika mendengar kata "OpenLiteSpeed" ?. Rasa rasa kalian semua tahu ya, apa itu OpenLiteSpeed. Baik di artikel ini saya akan menjelaskan langkah-langkah untuk menginstall OpenLiteSpeed di Server berbasis Linux. Akan tetapi sebelum lanjut, ada baiknya kalian pahami dulu apa yang dimaksud dengan OpenLiteSpeed.

Apa itu OpenLiteSpeed?

OpenLiteSpeed adalah sebuah web server yang sama seperti Apache, NginX, IIS dan lain sebagainya. OpenLiteSpeed sendiri dikembangkan oleh LiteSpeed Technologies, inc. yang memiliki banyak fitur dibandingkan web server yang telah disebutkan di atas. OpenLiteSpeed adalah software yang Open Source alias gratis, memiliki Performa yang sangat tinggi sehingga memungkinkan web server yang satu ini mengalahkan web server lainnya. Bahkan jika ditengok di laman situs resminya https://openlitespeed.org , kecepatan web server ini adalah lima belas (15) kali lebih cepat dibandingkan dengan NginX dan Apache. Lihat gambar dibawah ini.


Sangat kencang bukan ?. Web server yang satu ini laris dipakai oleh perusahaan besar dan penyedia Hosting. Lalu, bagaimana cara menginstallnya ?. Baik silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah-langkah Menginstall OpenLiteSpeed di Server Linux

Langkah 1 :

Update Sistem dengan perintah :

sudo apt-get update

Langkah 2 :

Download dan Install OpenLiteSpeed dengan Command Line dibawah ini :

wget -O - http://rpms.litespeedtech.com/debian/enable_lst_debain_repo.sh | bash
apt-get install openlitespeed
apt-get install lsphp73-curl lsphp73-imagick lsphp73-memcached lsphp73-redis

Langkah 3 :

Silahkan buat user baru untuk mengakses konsol web admin

/usr/local/lsws/admin/misc/admpass.sh

Langkah 4 :

Cek status OpenLiteSpeed

/usr/local/lsws/bin/lswsctrl status

Langkah 5 :

Silahkan buka web browser dan mengakses ke halaman utama OpenLiteSpeed dengan mengetikan IP Address server anda di ikuti oleh port :8088 yakni sebagai port default OpenLiteSpeed. Contoh : 192.168.56.3:8088 

Demikian tutorialnya, terimakasih dan selamat mencoba.

Baca Juga : Tutorial membangun server dengan menggunakan Ubuntu + OpenLiteSpeed + MariaDB + PHP.




Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post